Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual Melalui Penerapan Model Problem Based Learning
Abstract
Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai kedudukan penting dalam ilmu pengetahuan dasar yang menjadi pendukung bagi kemajuan teknologi dan juga pendukung bagi ilmu lain. Meskipun matematika sangat penting dipelajari, akan tetapi kenyataannya masih banyak masalah yang muncul dalam matematika, fokus pada lemahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual atau soal cerita, dan salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan membelajarkan melalui model Problem Based Learning. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian dengan rancangan Quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII/3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes yang berisi soal kontekstual berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t, maka diperoleh dan . Karena sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menyelesaikan soal kontekstual yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model konvensional
References
Arikunto, Suharsimi. (2005). Manajemen Penelitian, Jakarta: Rhineka Cipta.
Elita, Geni Sri,. Dkk. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(3), 454-455.
Goma, Bassat Abla. (20006). Melejitkan Kepribadian Diri (Bagaimana Merubah Pribadi Rapuh Menjadi Pribadi Ampuh). Solo: Samudera.
Haryanti, Yuyun Dwi. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 3(2), 59.
Hasibuan, Khairani Eka. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di SMP Negeri 12 Bandung. Jurnal Pendidikan dan Matematika. 7(1), 18.
Herman. (2022). Pembelajaran Berbasis Masalah-High Order Thinking Skill (HOTS) pada Materi Tanslasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1), 1131.
Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. 9 (1), 29.
Masduriah, Hanif. (2020). Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran PBL Terhadap Keterampilan HOTS Siswa SD. 2, 278.
Nata, Abudin. (2009). Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Ngatiatun, Safitri,. Riyadi,. Usada. (2013). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap KemampuanMenyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Didaktika Dwija Indria. 3 (1), 1.
Sofyan, Herminarto,.dkk. (2017). Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : UNY Press.
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusri, Andi Yunarni. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa. 7(1), 51.
Zulkardi., Ilma, R. (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding Konferensi Nasional matematika XIII: Matematika dan Aplikasinya: 30 Tahun Himpunan Matematika Indonesia. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.