ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN SAINS PADA MASA PANDEMI
Abstract
Covid-19 atau Corona Virus Disease 2019 merupakan virus berbahaya dengan penularan yang sangat cepat. Pembelajaran online menjadi solusi tetap berjalannya pembelajaran ditengah adanya pandemi covid-19 begitu juga pembelajaran sains. Penelitian ini dilakukan di SMA sekitar Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan pembelajaran sains sebelum dan setelah masa pandemi serta menganalisis bagaimana proses, kendala serta dampak pandemi terhadap pembelajaran sains. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menggunakan pendekatan metode pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini. Subjek penelitian ini ialah guru-guru sains khususnya mata pelajaran kimia, fisika dan biologi di Aceh yang berjumlah 155 orang. Dari hasil pengisian kuisioner tersebut diketahui pandemi membawa pengaruh yang sangat signifikan terhadap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan pandemi menurunkan minat dan motivasi bahkan berdampak pada kedisplinan dalam proses pembelajaran. Kendala yang sulit dihadapi saat pembelajaraan daring ialah penyampaian yang singkat dan terbatas sehingga membuat peserta didik kesulitan memahami apa yang disampaikan guru saat jam pelajaran.