Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa di Sekolah Menengah atas Negeri 5 Darussalam Banda Aceh

  • Riza Zulyani Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia
Keywords: LKPD, Respon Siswa, Materi Asam Basa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam bidang pengajaran kimia pada materi asam basa, menunjukkan bahwa salah satu sumber kesulitan dalam pembelajaran kimia dikarenakan kurangnya penggunaan LKPD yang menarik yang disiapkan oleh guru dalam proses pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar tidak berjalan dengan lancar dan membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembaran Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing pada materi teori asam basa di SMA 5 Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research & development dan prosedur yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan analisis LKPD dan Angket yang dilakukan di SMAN 5 Darussalam. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan cara Random Sampling, dipilih 20 siswa secara acak dari satu kelas sehingga dapat dilakukan uji coba pada kelas kecil. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penilaian LKPD dan Angket. Data hasil penilaian LKPD dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil analisis LKPD menunjukkan bahwa pesentase rata–rata diperoleh 72,5%, yang berarti LKS ini sudah dapat digunakan di SMA Negeri 5 Darussalam. Hasil ini juga didukung dengan pernyataan siswa melalui angket tangapan siswa diperoleh bahwa siswa menjawab setuju dengan rata-rata 61,5%, menjawab sangat setuju sebanyak 35%, dan menjawab tidak setuju sebanyak 3,5% hal ini berarti LKS yang telah dikembangkan memperoleh respon positif dari siswa

Published
2022-01-01
Section
Articles