Model Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran PAI Di Kota Banda Aceh
Abstract
Pendidikan inklusi adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya. Salah satunya bidang studi Pendidikan Agama Islam, kajian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dilaksanakan di Kota Banda Aceh. Populasi penelitian, diterapkan secara total populasi yaitu semua Sekolah Dasar Inklusi Negeri yang dijadikan tempat penelitian. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima SDN Banda Aceh dalam pelaksaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam secara keseluruhan menerapkan model kelas reguler full inclusion, dimana anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak non berkebutuhan khusus (normal). Namun, dalam kondisi tertentu ada juga sekolah yang menerapakan model kelas reguler pull out, dimana anak berkebutuhan khusus belajar bersama anak non berkebutuhan khusus (normal) di kelas reguler namun dalam waktu-waktu tertentu ditarik dari kelas reguler ke ruang lain untuk belajar dengan guru pembimbing khusus.