Perencanaan Implementasi Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Dasar
Abstract
Model pembelajaran discovery learning merupakan salah satu model pembelajaran yang relevan dan perlu diterapkan dewasa ini untuk meningkatkan kreativitas dan mempertajam analisis siswa tingkat sekolah dasar sebagai salah satu model pembelajaran yang menggantikan metode pembelajaran konvensional. Implementasi model ini membutuhkan perencanaan dan evaluasi yang tepat guna mencapai hasil maksimal. Dalam penelitian ini hendak melihat bagaimana perencanaan implementasi model discovery learning dan evaluasi yang dilakukan guru dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDIT Nurul Ishlah dan SD Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan dokumentasi dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perencanaan implementasi model discovery learning dilakukan yaitu dengan menelaah komponen; a) memilih materi, b) menetapkan tujuan pembelajaran, c) menganalisis karakteristik peserta didik, d) menentukan topik dan tahapan pembelajaran, e) membuat intrumen penilaian proses dan butir soal. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan cara menganalisa hasil penilaian pada proses dan penilaian akhir.