Strategi Pembiasaan Ibadah Melalui Șalat Ḑuha dan Ẓuhur Berjamaah di SD Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar

  • Husni Marzan Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Sri Suyanta Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Teuku Zulfikar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Strategi, Pembiasaan, Ibadah

Abstract

Pembiasaan ibadah sejak kecil merupakan upaya menumbuhkan karakter spiritual agar siswa selalu dekat dengan Allah swt dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, salah satu manfaat melaksanakan ibadah șalat adalah terbentuknya akhak terpuji. Pembiasaan șalat di Sekolah Dasar Islam Laboratorium sudah berjalan, namun dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan șalat ḍuha dan ẓuhur berjamaah di Ssekolah Dasar Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar, mengetehui strategi guru dalam membiasakan șalat, mengetahui faktor pendukung dan hambatan dan solusi dalam pembiasaan șalat, serta mengetahui pengaruh dan output șalat ḍuha dan ẓuhur berjamaah terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan di Sekolah Dasar Islam Laboratorium Neuheun Aceh Besar melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Sumber data penelitian ini kepala sekolah, tiga orang guru, dan sembilang orang siswa orang siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara terkait strategi pembiasaan șalat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembiasaan șalat di Sekolah Islam Laboratorium sudah dilakukan sejak sekolah berdiri, namun pembiasaan șalat menjadi program sekolah setelah berlakunya kurikulum K-13. Adapun strategi pembiasaan șalat yang dilakukan oleh guru adalah melalui sosialisasi program șalat kepada orang tua, memberikan motivasi, memberikan keteladanan, memberikan hukuman dan hadiah serta melakukan evaluasi.

Published
2022-01-01
Section
Articles