Evaluasi Pembelajaran Tajwid di Ma’had Darul Ihsan dan Ma’had Daarut Tahfizh
Abstract
Pendidikan merupakan investasi sumber daya manusia jangka panjang yang mempunyai nilai strategis bagi kelangsungan peradaban manusia di dunia. Termasuk mata pelajaran tajwid yang berimpilikasi langsung terhadap proses pembelajaran Al-Qur’an, untuk menunjang proses pembelajaran tajwid dibutuhkan kompetensi profesioanl guru tajwid dalam mengajar. Tujuan penelitian untuk melihat penguasaan materi, pengelolaan kelas dan evaluasi yang dilakukan guru tajwid di Ma’had Daarut Tahfizh dan Darul Ihsan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dangan subjek penelitian guru tajwid dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi pembelajaran tajwid dilaksanakan mingguan, namun evaluasi belum masuk kategori cukup. Selain itu, evaluasi juga tidak menggunakan alat ukur sehingga belum jelas arah dan tujuan evaluasi yang dilakukan guru tajwid di dua Ma’had tersebut.