STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN PADA MIN 6 ACEH BESAR DAN MIN 42 ACEH BESAR

  • Ayu Wardatun Jannah Magister PAI Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Anton Widyanto Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
  • Huwaida Huwaida Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Keywords: Strategi, Guru PAI, Baca Tulis Alquran

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh strategi guru PAI dalam meningkatkan baca tulis Alquran, berdasarkan hasil observasi dan wawancara, penulis menemukan bahwa siswa kelas V (lima) MIN 6 Aceh Besar dan MIN 42 Aceh Besar masih ada yang belum bisa membaca dan menulis Alquran dengan baik dan benar, bahkan masih ada yang belum mengenal huruf-huruf Alquran dan mengerti cara penulisan Alquran dengan benar. dari hasil wawancara penulis mendapatkan data yang menunjukkan bahwa; pada tahun 2017sampai 2019 ada peningkatan terhadap baca tulis Alquran di MIN 6 dan MIN 42 Aceh Besar. Ini menggambarkan bahwa telah ada upaya-upaya pihak sekolah secara serius dalam pelajari buta huruf Alquran pada sekelompok siswa kelas V (lima) MIN 6 dan MIN 42 Aceh besar. Maka dari itu penulis ingin mengetahui strategi guru PAI dalam meningkatkan baca tulis Alquran. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru PAI, dan solusi yang ditempuh guru PAI dalam memecahkan hambatan peningkatan kemampuan baca tulis Alquran siswa MIN 6 Aceh Besar dan MIN 42 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif bentuk analisis deskriptif. Untuk mendapatkan data yang akurat dan terpercaya, hal ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipasinya terdiri dari kepala sekolah dan guru MIN 6 dan MIN 42 Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran dilatar belakangi oleh kondisi siswa kelas V MIN 6 dan MIN 42 masih ada yang belum bisa baca tulis Alquran dengan baik dan benar sehingga membuat guru menerapkan strategi exposition, discovery, grup dan individual untuk lebih mudah meningkatkan kemampuan baca tulis siswa.

Published
2022-01-01
Section
Articles