Strategi Guru PAI dalam Pembinaan Karakter Siswa Pada SD Negeri 1 Banda Aceh dan SD Negeri 22 Banda Aceh
Abstract
Seorang guru berperan penting dalam proses pembelajaran, guru juga dituntut untuk terus mengikuti perkembangan baru dalam dunia pendidikan. Sebagai guru, tentunya harus mampu menggunakan strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengajar sesuai dengan materi yang diajarkan. Bahkan seorang guru harus bisa membina karakter yang baik bagi siswa di lingkungan sekolahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembinaan karakter siswa pada SD Negeri 1 Kota Banda Aceh. Pembinaan karakter siswa dapat diartikan sebagai usaha dalam membina siswa, dengan menggunakan sarana pendidikan dan pembinaan karakter yang terprogram secara baik dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh. Pembinaan karakter adalah pembiasaan sejak dini dan berlangsung secara terus menerus karena karakter yang baik tidak terbentuk pelajaran, intruksi, dan larangan saja melainkan harus disertai dengan teladan yang baik dan nyata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembinaan karakter pada SD Negeri 1 Kota Banda Aceh adalah dengan cara membaca surat-surat pendek dalam Al-qur'an sebelum proses belajar mengajar dimulai, membaca yasin pada setiap hari jum'at, latihan pidato, cerdas cermat dan aktivitas lainnya seperti peringatan hari-hari besar Islam. Peran guru PAI dalam pembinaan karakter siswa adalah sebagai motivator, fasilisator, organisator, dan informator. Strategi yang paling tepat dan efektif digunakakan dalam membina karakter siswa adalah melalui strategi keteladanan yaitu dengan cara memberi contoh yang baik bagi siswa.