Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

  • Adha Sunardi Adha Banda Aceh
Keywords: IPK, Mahasiswa, Kesos

Abstract

During their studies, students often experience several factors that influence their learning achievement. Factors that influence learning outcomes are divided into two, namely internal factors and external factors. Internal factors relate to everything related to oneself in the form of physiological conditions and psychological conditions. Meanwhile, external factors originate from outside the individual concerned. Therefore, the aim of this research is to determine the factors that influence the Cumulative Achievement Index (GPA) of students in the Social Welfare Study Program, Faculty of Da'wah and Communication, Ar-Raniry State Islamic University. The research uses a qualitative approach with descriptive research methods to explain the ongoing situation. Data collection used observation, interviews and documentation, with 15 informants. The results of the research show that Social Welfare Study Program Students have different economic backgrounds, some of whom work as farmers, laborers, Civil Servants (PNS) and so on. Many Social Welfare Study Program Students decide to study while working. different goals. The main factors that influence students to work are needs factors ranging from basic needs, supporting needs and even lifestyle, so that the aim of improving their knowledge by showing results in the form of a good Grade Point Average (GPA) is put aside. When deciding to study while working, of course students know that they have two responsibilities at once which must be fulfilled optimally

References

A.M., Sardiman. (2001). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.

Affandi, H. (2017). Tanggung jawab negara dalam pemenuhan hak atas pendidikan menurut undang-undang dasar tahun 1945. Jurnal Hukum Positum, 1(2), 222.

Ahmadi dan Supriyono, (2004). Psikologi Belajar.Jakarta. Rineka Cipta.

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

Cut Casuarina, A. Halim, Muhammad Syukri, “Minat, Sikap Dan Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Fisika Ditinjau Dari Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.2 April 2017, 247-252

Diakses Dari Dokumen Siakad Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan komunikasi Uin Ar-Raniry Banda Aceh.

Dody Rifai Deny Boy Sihite, Noviana Pratiwi, “Analisis Jalur Terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa”. Jurnal Statistika Industri dan Komputasi. Volume 3, No. 1, Januari 2018.

Fauziah, H. H. (2015). Fakor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa fakultas psikologi uin sunan gunung djati bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 123.

Habib Cahyono. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat, Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, Vol. 1 No. 1, 33.

Hasanah, H. (2016). Analisis Hasil Belajar Dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa STAI At-taqwa Bondowoso, jurnal pendidikan dan keislaman. 5(3), 31.

Hendikawati, P. (2011). “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa”, Jurnal Jurusan Matematika Fakultas MIPA Unnes Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang. 33-34.

Hipjillah, A. (2015). “Mahasiswa Bekerja Paruh Waktu; antara Konsumsi dan. Prestasi Akademik”, Jurnal Ilmiah. Dipublikasikan: Universitas Brawijaya,. Malang.

Hodsay, Z. (2017). Perbedaan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Antara Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kinestetik Pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Fkip Universitas Pgri Palembang. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 3(1), 75-76.

Husna, N. (2014). Ilmu kesejahteraan sosial dan pekerjaan sosial. Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 20(1), 46-47.

Husna, P. N., & Jumino, J. (2022). Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro Angkatan 2018 terhadap Kemampuan Literasi Informasi. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 6(4), 465-478.

Malayu Hasibuan. (2008). Dasar-Dasar Perbankan, Jakarta : Bumi Aksara.

Malik Hakam, Sudarno, Abdul Hoyyi, "Analisis Jalur Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Statistika Undip". JURNAL GAUSSIAN, Volume 4, Nomor 1, Tahun 2015.

Mania, S. (2008). Observasi sebagai alat evaluasi dalam dunia pendidikan dan pengajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 221.

Metriyana, Maya. (2014). “Studi Komparatif Pengaruh Motivasi, Perilaku Belajar, Self-Efficary dan Status Kerja Terhadap Prestasi Akademik antara Mahasiswa Bekerja dan Mahasiswa Tidak Bekerja”. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam universitas Diponogoro Semarang.

Mustafid, M. F. Wedi, A & Adi, E. P. (2020) “jurnal inovasi teknologi pembelajaran”, 6(2), 1.

Sejarah program studi kesejahteraan sosial uin ar-raniry banda aceh. Diakses dari http://kesos.uin.ar-raniry.ac.id/index.php/id/pages/sejarah-program-studi-kesejahteraan-sosial, pada tanggal 04 Januari 2023, jam 22:34 WIB, 1.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo, 5.

Sumadi Suryabrata, (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Witherington. (2003). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yanti, R., Windarto, A. P., & Suhada, S. (2019). Analisis faktor yang mempengaruhi ipk mahasiswa terhadap penentuan kualitas proses pembelajaran dengan metode electre ii. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 3(1), 36-41.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 92.

Yuliawati, S. (2012). Kajian implementasi tri dharma perguruan tinggi sebagai fenomena pendidikan tinggi di Indonesia. Jurnal Ilmiah Widya, 28.

Yumira Adriani Tampil, Hanny Komalig, Yohanis Langi, “Analisis Regresi Logistik Untuk Menentukan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa FMIPA Universitas Sam Ratulangi Manado”. JdC, Vol. 6, No. 2, September 2017.

Published
2023-12-05
How to Cite
Adha, A. S. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Program Studi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. AROW: ournal of r-aniry on ocial ork, 1(1), 57-64. etrieved from https://journal3121.ar-raniry.ac.id/index.php/jarow/article/view/3490