PERANCANGAN GAME EDUKASI MATERI SISTEM TATA SURYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil perancangan aplikasi game edukasi materi sistem tata surya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan luther yang terdiri dari enam tahapan yaitu: konsep, perancangan pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Game tersebut divalidasi oleh dua ahli yaitu ahli media dan juga ahli materi untuk mengetahui kelayakannya dan kemudian diuji coba kepada siswa. Penelitian ini dilakukan di smp 4 banda aceh dengan melibatkan 18 siswa. Metode pengambilan data menggunakan angket dan data tersebut di analisis secara deskriptif untuk mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menghasilkan kelayakan dari ahli media dengan nilai persentase 84,6%, dari ahli materi dengan nilai persentase 90%, dan dari hasil uji coba dari siswa diperoleh dengan nilai persentase 86,6% Maka dari perolehan di atas maka aplikasi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran.
References
Dony Novaliendry. (2013). APLIKASI GAME GEOGRAFI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (STUDI KASUS SISWA KELAS IX SMPN 1 RAO. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1, 104–117.
Lukito, H. W., Purba, K. R., & Palit, H. N. (n.d.). Pembuatan Game Edukasi Bahasa Inggris Untuk Anak Kelas 1-2 SD Menggunakan Flash.
Martono, K. T. (2015). Pengembangan Game Dengan Menggunakan Game Engine Game Maker. Jurnal Sistem Komputer, 5(1), 23–30.
Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan Game Edukasi Science Adventure Untuk Meningkatkan Keterampilanpemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 7(2), 91–100.
https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462Prawiro, S. A., & Irawan, A. H. (2012). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam untuk Siswa Kelas 4 SD dengan Metode Learning The Actual Object. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 1(1).
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113Wibisono, W., & Yulianto, L. (2010). Perancangan game edukasi untuk media pembelajaran pada sekolah menengah pertama persatuan guru Republik Indonesia Gondang Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Journal Speed (Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi), 2(2), 37–42.
Widjayanti, W. R., Masfingatin, T., &Setyansah, R. K. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 101–112. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6294.101-112
Copyright (c) 2022 derio balanof
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.