Bimbingan Kemampuan Membaca Al-Qur'an melalui Ilmu Tajwid pada Santri Pengajian Gampong Merduati
Abstract
Abstrak
Ilmu tajwid merupakan ilmu yang sangat penting untuk dipelajari, apaladi bagi seseorang yang beragama Islam, karena pada dasarnya ilmu tajwid adalah pengetahuan tentang kaidah serta cara- cara membaca Al- Qur’an dengan sebaik- baiknya. Penelitian ini mengkaji tentang bimbingan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui ilmu tajwid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua faktor yang menunjang kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi kecerdasan, motivasi, minat dan bakat santri. Faktor eksternal meliputi ustadz/ustadzah, sarana dan fasilitas, keluarga, dan lingkungan masyarakat. Pada bimbingan ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang ditunjukkan dari pengucapan makharijul huruf, pengetahuan tentang hukum mad, hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, dan pengucapan huruf- huruf qalqalah.
Kata Kunci: Tajwid; Bimbingan; Al-Qur’an
References
Departemen Agama RI, Abdullah. Mushaf Al-Qur’an Terjemahan. Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2002.
Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sei H. DT. Ilmu Tajwid Populer 17 Kali Pandai. Yogyakarta: Tombak Alam, 2006.
Zakiah Darajat. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2002.
Zarkasyi. Pelajaran Tajwid. Ponorogo: Trimurti. 1995.