Bimbingan Belajar Anak di Desa Baet oleh Mahasiswa/i KPM Mandiri UIN Ar-Raniry, Banda Aceh Tahun 2022
Abstract
Abstrak
Minat belajar dan kurangnya motivasi menjadi permasalahan utama yang dihadapi siswa di Desa Baet. Terlihat bahwa anak Desa Baet memiliki kekurangan kesadaran akan hal pendidikan, maka dari itu pentingnya bimbingan belajar yang akan memotivasi para siswa supaya sadar akan pentingnya pendidikan untuk masa depan. Sehingga mahasiswa KPM Mandiri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh bertujuan mengadakan kegiatan bimbingan belajar untuk meningkatkan minat belajar siswa usia sekolah dasar dan menengah pertama di Desa Baet. Bimbingan belajar menjadi salah satu program kerja KPM Mandiri Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh khususnya di bidang Pendidikan. Pada penelitian pengabdian ini menitik beratkan pada siswa-siswi di Desa Baet. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, kegiatan bimbingan belajar ini memberikan dampak yang signifikan dalam hal pengetahuan umum serta keagamaan seperti peningkatan pemahaman anak-anak, tumbuhnya kesadaran anak dalam belajar, anak lebih aktif dalam berdiskusi dan bertanya tentang materi yang kurang dipahami, dan bertambahnya minat untuk mengikuti kegiatan bimbingan belajar tersebut.
Kata Kunci: Anak Sekolah Dasar, Bimbingan Belajar, Minat belajar.
References
Darmawan, Sri. 2018. Eksistensi Meunasah dalam Penyelesaian Konflik (Di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar). Skripsi
Gumilang, Galang Surya. 2018. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan dan Konseling”. Jurnal Fokus Konseling. Vol. 2. No. 2
Josyiana, Kiki. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional (Survey pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Semester III Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda”. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. Vol. 6. No. 2
Kafri, Saniman Andi, dkk. 2020. Perkembangan Bentuk Kerajinan Rencong di Desa Baet Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Seni Rupa. Vol. 5. No. 2
Nurani, Najila Indah, dkk. 2020. Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Menggunakan Aplikasi Google Classroom Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal PGSD. Vol. 6. No. 1
Santoso, Agus dan Yunni Rusmawati. 2019. Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Jurnal Abdimas Berdaya. Vol. 2. No. 2
Saputra, Akmal. 2018. Motivasi Orang Tua Memiilih Dayah sebagai Sarana Pendidikan Anak di Gampung Sigapang, Aceh Besar. Skripsi
Shobari, Muhammad dan Ahmad Halid. 2021. Pengaruh Bimbingan Belajar (BIMBEL) d Luar Sekolah Terhadap Hasil Kegiatan Pembelajaran di Kelas III MI Salafiyah Riyadlatul Uqul Jatimulyo Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar. Vol. 6. No. 2
Soegijono. 2018. Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data. Jurnal Media dan Pengembangan Kesehatan, Vol. 3. No. 1
Syahputra, Dedi. 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA M elati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth. Vol. II. No. 2
Widad, H. M. Z. W., dkk. 2022. Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar di Desa Batukuwung. Bantenese: Jurnal Pengabdian Masyarakat. Vol. 4. No. 1
Wijaya, Hengki. 2018. Analisis Data Kualitatif ModelSpradley (Etnografi)”, Sekolah Tinggi Theologia Jaffray