Dinamika Perilaku Indisipliner dan Strategi Guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Sukoharjo Dynamics of Indisciplinary Behavior and Strategies of Sociology Teachers at SMA Negeri 1 Sukoharjo

Main Article Content

Hana Nur Azizah
Dwi Astutik
Danang Purwanto

Abstract

This article aims to examine acts of indiscipline among students at SMA Negeri 1 Sukoharjo by exploring their causes and effects, and identifying effective control strategies based on social control theory. Utilizing a qualitative methodology within a case study approach, the data for this article were obtained through observation and structured interviews with sociology teachers, the principal, and other supporting informants. The findings indicate that student indiscipline is influenced by a variety of factors, including self-awareness, the family and school environments, and social interactions. The acts of indiscipline encompass a range of behaviors, from truancy to non-compliance with school rules. Moreover, the implemented control strategies, which emphasize the development of strong social bonds between students and their environment, have proven effective in reducing incidents of indiscipline. The study concludes that strengthening social bonds through attachment, commitment, involvement, and belief is essential in preventing and controlling indiscipline among students. It highlights the significance of active roles for teachers and school authorities in the processes of character building and discipline.


Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mengkaji tindakan indisipliner di kalangan siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo, menyelidiki penyebab dan dampaknya, serta mengidentifikasi strategi pengendalian yang efektif berdasarkan teori kontrol sosial. Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dalam artikel ini diperoleh melalu observasi dan wawancara terstruktur dengan guru sosiologi, kepala sekolah, dan narasumber pendukung lainnya. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa perilaku indisipliner siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk kesadaran diri, lingkungan keluarga dan sekolah, serta pergaulan. Tindakan indisipliner siswa mencakup berbagai perilaku, dari membolos hingga tidak mengikuti aturan sekolah. Lebih lanjut, strategi pengendalian yang diterapkan, yang menekankan pada pembangunan ikatan sosial yang kuat antara siswa dengan lingkungannya, terbukti efektif dalam mengurangi insiden perilaku indisipliner. Kajian ini menyimpulkan bahwa penguatan ikatan sosial, melalui kelekatan, komitmen, keterlibatan, dan kepercayaan, merupakan kunci utama dalam mencegah dan mengendalikan tindakan indisipliner di kalangan siswa, serta pentingnya peran aktif guru dan pihak sekolah dalam proses pembinaan karakter dan disiplin siswa.

Article Details

How to Cite
Azizah, H. N., Astutik, D., & Purwanto, D. (2024). Dinamika Perilaku Indisipliner dan Strategi Guru Sosiologi di SMA Negeri 1 Sukoharjo. urnal osiologi gama ndonesia (JSAI), 5(1), 107-121. https://doi.org/10.22373/jsai.v5i1.4373
Section
Research Articles

References

Adler, Patricia A., and Adler Peter. 2000. Constructions of Deviance: Social Power, Context, and Interaction. 3rd ed. United States: Wadsworth.
Anarta, Fikri, Rizki Muhammad Fauzi, Suci Rahmadhani, and Meilanny Budiarti Santoso. 2021. “Kontrol Sosial Keluarga Dalam Upaya Mengatasi Kenakalan Remaja.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2(3):485–98. doi: 10.57235/jerumi.v1i2.1402.
Arifudin, Iman Syahid. 2015. “Peranan Guru Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Kelas V SDN 1 Siluman.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 2(2):175–86.
Bashar, Sa’adu Isa, Muhammad M. Jagaba, Mudassir Ibrahim Gatawa, Bello Musa, Nafi’u Abdul Aziz, and Adamu Hassan. 2021. “Students ’ Indiscipline in Tertiary Educational Institutions of Sokoto State.” International Journal of Educational Research Review Students’ 134–42.
Bintari, Novindha Putri. 2021. Strategi Satuan Tugas Pelaksana Pembinaan Kesiswaan (STP2K) Untruk Membentuk Karakter Disiplin Siswa (Studi Di SMA Negeri 1 Sukoharjo).
Frutaw, Melinda S. 2015. “Families , General Strain , Social Control and Adolescent Pain Killer Use.” Grand Valley State University.
Hirschi, Travis. 1969. Causes of Delinquency. 1st ed. Berkeley: University of California Press.
Irdhanie, Icha, and Ika Yuniar Cahyanti. 2013. “Adult Romantic Attachment Pada Dewasa Muda Yang Mengalami Childhood Abuse.” Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental 02(02):112–24.
Isnawan, Fuadi. 2020. “Tindak Pidana Pembunuhan Yang Dilakukan Oleh Remaja Terhadap Balita Dalam Perspektif Teori Kontrol Sosial.” Jurnal Mahkamah 5(1):19–36.
Isnawan, Fuadi. 2023. “Pencegahan Tindak Pidana Kejahatan Jalanan Klitih Melalui Hukum Pidana Dan Teori Kontrol Sosial.Pdf.” Kharta Bhayangkara 17(2):249–378.
Kusumawardani, Nuralita, Afia Fitriani, and Tri Rejeki Andayani. 2020. “Membangun Kesepakatan Orang Tua Dan Guru Tentang Cara Pendisiplinan Siswa Di Sekolah.” Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi 5(1):25–34. doi: 10.23917/indigenous.v5i1.7862.
Mahdalena, Yusra, and Bukhari Yusuf. 2017. “Kontrol Sosial Masyarakat Terhadap Operasional Kube (Kelompok Usaha Bersama) (Sutdi Kasus Di Gampong Ujong Blang, Kcamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar).” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah 2:713–36.
Muhtarom, Taufik, and Mira Andika Cahyani. 2023. “Analisis Tingkah Laku Indisipliner Pada Siswa SD Negeri Tamansari II Di Masa Pembelajaran Dalam Jaringan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(2):72. doi: 10.30659/pendas.10.2.72-87.
Purba, David Pratama, Riko Fermi Rembarta, and Argo Budi Sarwono. 2024. “Kecenderungan Lemahnya Kontrol Sosial Menjadi Determinan Kenakalan Remaja.” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi 3(3):590–95.
Saleh, Sirajuddin. 2017. Analisis Data Kualitatif. edited by H. Upu. Bandung: Pustaka Ramadhan.
Sunoto, Suyud Puguh, Wawan Kurniawan Aziz, and Dhesthoni Dhestoni. 2023. “Ketahanan Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja : Perspektif Teori Kontrol Sosial Travis Hirschi.” Jurnal Kajian Stratejik Ketahanan Nasional 6(1):1–11.